PEMBAHASAN
- I. Dua Perintah Utama yang sering kita dengar namun sulit untuk dilaksakan secara sempurna
- II. Bacaan Matius 22:34-40
- III. Telaah Matius 22:34-40
- 1. Perintah ganda untuk mengasihi adalah merupakan hukum kodrat
- 2. Mengapa harus mengasihi?
- 3. Tuhan memampukan kita untuk mengasihi Allah dengan segenap hati, jiwa dan akal budi
- 4. Tiga tingkatan kasih
- IV. Ajakan untuk mengasihi adalah panggilan untuk hidup kudus
- V. Mari mengasihi
I. Dua Perintah Utama yang sering kita dengar namun sulit untuk dilaksakan secara sempurna
Bacaan di minggu ke-30 tahun A ini, Gereja memberikan bacaan dari Kel 22:20-26; Mzm 18:2-4,47,51; 1Tes 1:5-10; Mat 22:34-40. Perikop dari Mat 22:34-40, yang juga dituliskan di Mrk 12:28-34; Luk 10:25-28, terasa sangat akrab di telinga kita, karena sering kita dengar dan sering didengungkan dari mimbar, dan lebih tepatnya, karena di dalam dua perintah itu – mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama – terletak seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi. Namun, meskipun dua perintah ini sangat sering kita dengar, namun mungkin sangat sulit untuk dilaksanakan. Padahal, kalau kita teliti, manusia secara kodrati dapat mengasihi Tuhan dan sesama. Kodrat ini diangkat derajatnya oleh rahmat Allah dalam Sakramen Baptis, sehingga manusia dapat mengasihi Allah secara lebih sempurna (adi-kodrati), yang berakibat kemampuan yang lebih untuk dapat mengasihi sesama. Mengasihi Tuhan dan sesama, itulah perintah dari Tuhan sendiri, yang menuntun manusia untuk dapat memperoleh kebahagiaan di dunia ini dan dapat mengantar manusia ke dalam Kerajaan Sorga.II. Bacaan Matius 22:34-40
34. Ketika orang-orang Farisi mendengar, bahwa Yesus telah membuat orang-orang Saduki itu bungkam, berkumpullah mereka
35. dan seorang dari mereka, seorang ahli Taurat, bertanya untuk mencobai Dia:
36. “Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?”
37. Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
38. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
39. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
40. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.”
III. Telaah Matius 22:34-40
Dari perikop Mat 22:34-40, kita dapat melihat secara gamblang bahwa inti bacaan tersebut adalah jawaban Yesus bahwa hukum yang terutama dalam hukum Taurat adalah mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama. Di perikop sebelumnya – Mat 22:23-33 – kita melihat bahwa Yesus telah memberikan jawaban yang tepat, sehingga orang-orang Saduki yang bertanya tentang kebangkitan badan tidak dapat berkutik lagi. Walaupun orang-orang Farisi senang (lih. Mrk 12:38; Luk 20:39) bahwa orang-orang Saduki, yang berseberangan dengan mereka akhirnya bungkam karena jawaban Yesus, namun mungkin mereka juga kecewa karena keinginan mereka untuk menjebak Yesus ternyata tidak berhasil. Dan kemudian di ayat 24-25, kita tahu bahwa mereka berkumpul merancang pertanyaan untuk menjebak Yesus. Mungkin, jebakan kaum Farisi telah dirancang dengan sangat hati-hati, karena jebakan pertanyaan mereka tentang membayar pajak kepada kaisar (lih. Mat 22:15-22) telah gagal.Kali ini, mereka bertanya tentang sesuatu yang dipandang sungguh sulit, yaitu “Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?” (ay. 36) Yesus kemudian menjawab bahwa hukum yang terutama dan pertama adalah mengasihi Allah dengan segenap hati, jiwa dan akal budi (ay.37-38) dan hukum yang kedua adalah mengasihi sesama seperti mengasihi diri sendiri (ay.39). Dengan jawaban ini, maka Yesus telah merangkum semua hukum Taurat, yang disebutkan dalam Ul 6:5 dan Im 19:18.
1. Perintah ganda untuk mengasihi adalah merupakan hukum kodrat
Kalau kita meneliti sepuluh perintah Allah (Kel 20:1-17), maka kita dapat melihat bahwa hukum-hukum di dalam 10 perintah Allah adalah merupakan penjabaran dari hukum kodrat yang sempurna. Hukum kodrat ini adalah hukum atau peraturan yang terpatri di dalam setiap hati manusia. Dalam sepuluh perintah Allah, kita dapat melihat adanya perintah kasih dalam dua kelompok, yaitu hukum 1-3 adalah perintah untuk mengasihi Tuhan dan hukum 4-10 adalah perintah untuk mengasihi sesama. Urutan ke-10 perintah Allah tidak diberikan atas dasar kebetulan, tetapi menurut St. Thomas Aquinas, memang ada alasannya tergantung dari tingkatan prioritasnya.[1] Untuk mengasihi Allah, kita harus melakukan tiga hal, yaitu: (1) Tidak boleh mempunyai Allah lain, yang dituliskan: Jangan menyembah berhala, berbaktilah kepadaKu saja, dan cintailah Aku lebih dari segala Sesuatu; (2) Harus memberikan kepada Allah penghormatan, yang dituliskan: Jangan menyebut nama Tuhan Allahmu dengan tidak hormat; (3) Kita harus beristirahat di dalam Tuhan, yang dituliskan: Kuduskanlah hari Tuhan. Dan untuk membuktikan kasih kita kepada Allah, maka kita harus mengasihi sesama seperti yang dijabarkan dalam perintah 4-10, yaitu: (1) Kita harus mengasihi orang tua kita, yang dituliskan: Hormatilah ibu-bapamu; (2) Kita tidak boleh melukai sesama kita dengan perbuatan – baik dengan melukai seseorang, yang dituliskan: jangan membunuh; atau merusak perkawinan seseorang, yang dituliskan: Jangan berzinah; atau mengambil barang atau harta milik sesama, yang dituliskan: Jangan mencuri; (3) Kita tidak boleh melukai sesama kita dengan perkataan dan pikiran – melukai dengan perkataan, yang dituliskan: Jangan bersaksi dusta tentang sesamamu; melukai sesama dengan pikiran, yang dituliskan: Jangan mengingini istri sesamamu dan Jangan mengingini milik sesamamu secara tidak adil.Penjelasan yang lain dari 10 perintah Allah adalah, dalam mengasihi Allah, maka kita harus mempunyai (1) kesetiaan, (2) penghormatan, dan (3) pelayanan; dalam mengasihi sesama, kita harus (4) menjalankan tugas untuk wakil Tuhan di dunia ini dan menjalankan tugas untuk diri sendiri dan sesama dalam (5) melindungi kehidupan, (6) kemurnian, (7) harta milik, (8) kehormatan, (9 dan 10) melindungi kehidupan keluarga.
Sepuluh perintah Allah diberikan secara khusus dan ditulis di atas dua loh batu kepada bangsa Israel. Namun, perintah ini sesungguhnya bukan hanya dituliskan di atas dua loh batu, namun juga dituliskan oleh Tuhan di dalam setiap hati manusia, baik bangsa Israel maupun bangsa lain. Dalam suratnya kepada jemaat di Roma, rasul Paulus menegaskannya demikian “14 Apabila bangsa-bangsa lain yang tidak memiliki hukum Taurat oleh dorongan diri sendiri melakukan apa yang dituntut hukum Taurat, maka, walaupun mereka tidak memiliki hukum Taurat, mereka menjadi hukum Taurat bagi diri mereka sendiri. 15 Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka turut bersaksi dan pikiran mereka saling menuduh atau saling membela.” (Rom 2:14-15) Ayat ini menunjukkan bahwa semua orang, baik orang Yahudi maupun non-Yahudi sebenarnya terikat oleh hukum taurat, yang intinya adalah mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama. Dan memang itulah kodrat manusia.
2. Mengapa harus mengasihi?
Kalau manusia diciptakan dengan kodrat untuk dapat mengasihi Allah dan mengasihi sesama, maka pertanyaannya adalah mengapa Allah menciptakan manusia dengan kodrat seperti ini? Jawabnya adalah karena kita menemukan kebahagiaan kita di dalam kasih kepada Tuhan, dan tidak di dalam hal-hal lain, seperti: uang, kehormatan, kekuasaan, kesenangan, bahkan juga kebajikan. Pembahasan tentang hal ini, sudah pernah ditulis di artikel: Kebahagiaan kita hanya ada dalam Tuhan, silakan klik. Maka kalau kita ingin mendapat penghiburan dan kekuatan di dalam hidup ini kita harus kembali kepada Tuhan, kita harus mengasihi Tuhan.Cobalah kita cari orang yang terlihat sebagai orang yang paling berbahagia di dunia: tiliklah, apakah dia mengasihi Tuhan? Sebab jika ia tidak mengasihi Tuhan, ia sebenarnya tidak sungguh-sungguh berbahagia. Itulah sebabnya banyak di antara orang-orang yang demikian kemudian dapat melakukan hal-hal yang tragis dalam hidup mereka. Sedangkan sebaliknya, jika kita menemukan orang kelihatannya paling tidak bahagia di mata dunia, namun kalau ia mengasihi Tuhan, maka ternyata ia adalah orang yang paling bahagia, dalam arti yang sesungguhnya, dalam segala sesuatu. Maka sudah selayaknya kita berdoa memohon agar Tuhan membuka mata hati kita agar dapat mencari kebahagiaan di mana kita dapat sungguh menemukannya, yaitu di dalam Tuhan sendiri.
Alasan lain, mengapa Tuhan menciptakan manusia dengan kodrat untuk mengasihi adalah karena tanpa kasih, manusia tidak dapat mencapai Sorga. Begitu pentingnya kasih, sehingga rasul Yohanes mengatakan “Barangsiapa tidak mengasihi, ia tetap di dalam maut.” (1Yoh 3:14b) Dari ayat ini, kita dapat melihat bahwa untuk mendapatkan keselamatan, maka tidak ada cara lain, kecuali mengasihi. St. Agustinus menegaskan bahwa sama seperti manusia mempunyai dua kaki untuk berjalan, maka kita harus mengasihi Tuhan dan sesama untuk dapat mencapai Sorga. Sama seperti burung mempunyai dua sayap untuk terbang, maka kita harus mengasihi Tuhan dan sesama untuk dapat terbang ke Sorga. Lebih lanjut dia menegaskan bahwa sama seperti orang-orang kudus di Sorga mengasihi Allah dan mengasihi sesamanya, maka kita juga harus melakukan hal yang sama di dunia ini untuk mendapatkan kebahagiaan. Dari sini, kita dapat melihat bahwa mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama sesungguhnya tidak terpisahkan. Rasul Yohanes menegaskan hal ini secara gamblang “Jikalau seorang berkata: “Aku mengasihi Allah,” dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya.” (1Yoh 4:20)
3. Tuhan memampukan kita untuk mengasihi Allah dengan segenap hati, jiwa dan akal budi
Perintah untuk mengasihi Tuhan dengan segenap hati, segenap jiwa dan segenap akal budi adalah mengasihi Tuhan dengan keseluruhan diri kita, menempatkan Tuhan lebih utama dalam segala sesuatu, di mana saja, setiap saat dan dalam segala kondisi. Dan kalau bukti kasih kita kepada Tuhan dan tanda kita berdiam di dalam Allah adalah dengan menuruti segala perintah Tuhan (lih. 1John 2:3; 1Yoh 3:24), maka kita akan melihat bahwa sesungguhnya perintah ini sangat berat bagi manusia. Namun, Tuhan tidak akan memberikan perintah yang mustahil, karena Dia menegaskan bahwa kuk yang dipasang-Nya adalah enak dan ringan. (lih. Mat 11:29)Kunci dari kemampuan kita untuk mengasihi Allah dengan segenap hati, jiwa dan akal budi serta mengasihi sesama adalah karena Allah telah memberikan rahmat-Nya kepada kita semua. Kita yang telah dibaptis telah menerima rahmat Allah yang begitu besar, seperti: menjadi putera/i Allah di dalam Kristus, disatukan dalam Tubuh Mistik Kristus, dibebaskan dari dosa asal, menerima rahmat pengudusan, tiga kebajikan ilahi dan tujuh karunia Roh Kudus. Rahmat dari Allah kemudian diperkuat dengan rahmat yang mengalir dari sakramen-sakramen yang lain, terutama Sakramen Tobat dan Sakramen Ekaristi. Dengan bekal rahmat Allah yang begitu luar biasa ini, maka sesungguhnya umat Allah telah dimampukan untuk dapat mengasihi Allah dengan segenap hati, jiwa dan akal budi, sehingga pada akhirnya dapat mengasihi sesama dengan lebih baik lagi.
4. Tiga tingkatan kasih
Apakah setiap orang dapat mengasihi Tuhan dengan derajat yang sama? Sama seperti adanya tingkatan dalam segala hal, maka setiap orang dapat mengasihi Allah dengan derajat yang berbeda-beda. Namun, menjadi tujuan dari umat Allah, agar kita semua dapat mengasihi Tuhan dalam derajat yang sempurna. Dari buku Christian Perfection and Comtemplation: According to St. Thomas Aquinas anda St. John of the Cross karangan Reginald Garrigou Lagrance dan dari tulisan St. Thomas Aquinas pada Summa Theology, II-II, q.34, a.9., maka kita dapat melihat tingkatan kasih:
a. Tingkatan pemula (beginners atau purgative).
Pada tingkatan ini, seseorang berusaha agar dia tidak jatuh ke dalam
dosa berat, dan juga berusaha untuk melawan kelemahan dan
kecenderungan berbuat dosa (concupiscences). Dalam tahap ini,
seseorang masih berfokus pada bagaimana caranya untuk menghindari
dosa-dosa yang dulunya sering dia lakukan. Sebagai contoh kalau
seseorang mempunyai kecenderungan untuk berbuat dosa melawan
kemurnian, maka dia berjuang setengah mati agar dia tidak terjerumus
ke dalam dosa yang sama. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara,
seperti: menghindari teman-teman yang dapat menjerumuskannya ke dalam
dosa yang sama, menghindari tempat-tempat yang dapat membangkitkan
keinginan untuk berbuat cabul, menghindari kesempatan-kesempatan untuk
dapat melakukan dosa tersebut. Orang ini menyadari bahwa kalau dia
jatuh ke dalam dosa berat yang sama, maka dosa berat tersebut akan
menghancurkan kasih. Dengan kata lain, orang-orang dalam tingkatan ini
senantiasa berusaha menghindari dosa berat.
b. Tahap kedua (Illuminative Way).
Pada tahap ini, seseorang bukan lagi berfokus pada menghindari dosa,
melainkan pada bagaimana bertumbuh dalam kebaikan. Mereka membuat
kemajuan spiritualitas dalam terang iman dan kontemplasi. Seseorang pada
tahap ini mulai berfikir apa yang dapat dilakukannya untuk dapat
semakin memberikan kemuliaan bagi nama Tuhan. Dia tidak lagi memikirkan
untuk menghindari dosa pornografi sebab pornografi tidak menjadi
godaan yang dapat menarik hatinya. Namun dia mulai berfikir, bagaimana
dia dapat memberikan kebaikan kepada sesama, sehingga dia dapat
membantu orang-orang yang mempunyai ketergantungan terhadap pornografi
(dan dosa- dosa berat lainnya). Orang yang dalam tahap ini, bukan
hanya berfikir untuk menghindari dosa berat, namun juga dia mencoba
mengarahkan hidupnya dan hidup sesamanya kepada Tuhan. Dia mencoba
untuk menghilangkan kecenderungan-kecenderungan di dalam dirinya yang
menghalanginya untuk bersatu dengan Tuhan. Dia bertumbuh dalam kasih
dengan cara berbuat kasih.
c. Tahap sempurna (Univitive Way / Heroic Love).
Dalam tahap ini, seseorang secara sadar tidak mau dan dengan segala
kekuatannya berusaha untuk menghindari dosa-dosa yang kecil (venial sins)
sekalipun. Walaupun kadang dia masih melakukan dosa kecil, namun
dosa-dosa kecil ini terjadi dengan tidak disengaja. Secara aktif dia
mencoba menghilangkan apa yang tidak sempurna dalam dirinya, sehingga
seluruh akal budi, perbuatan dan perkataannya ditujukan untuk
menyenangkan hati Tuhan. Dia setia terhadap inspirasi dari Roh Kudus,
dan menjalankan semua hal, termasuk hal-hal kecil dengan kasih yang
besar. Dia sekaligus lemah lembut namun juga kokoh dalam imannya. Dia
memandang rendah hal-hal dunia ini, dan secara aktif dan terus-menerus
mempunyai kontemplasi terhadap hal-hal ilahi. Dia mempunyai hati yang
besar (magnanimity), sehingga membuatnya dapat menyingkirkan
hal-hal dunia agar dia dapat semakin bersatu dengan Tuhan. Bahkan, dia
menginginkan persatuan abadi dengan Kristus melebihi apapun di dunia
ini. Dalam tahap ini, seseorang juga mempunyai derajat kerendahan hati
yang sempurna. Walaupun kehidupan spiritualitasnya berkembang dengan
sempurna, namun dia justru melihat dirinya yang paling rendah dari
manusia lain. Karena hidupnya senantiasa dipenuhi dengan sinar ilahi,
maka dia dapat melihat apa-apa yang tidak sempurna dalam dirinya
secara jelas dan pada saat yang bersamaan dia melihat Allah yang
adalah segalanya. Dalam kondisi seperti inilah, maka orang dalam
derajat kasih yang tertinggi juga akan mempunyai derajat kerendahan hati
yang tertinggi.
Yang mungkin tidak kalah pentingnya adalah tiga
tingkat kesempurnaan kasih di atas juga berhubungan dengan kasih
terhadap sesama. Dalam tingkat awal, seseorang akan mengasihi orang
-orang yang ia kenal tanpa mengabaikan orang-orang lain. Di tingkat
kedua, seseorang dapat mengasihi orang-orang asing yang tidak
dikenalnya. Dan di tingkat kesempurnaan, ia dapat mengasihi
musuh-musuhnya. Yang perlu juga menjadi catatan adalah seseorang dapat
bertumbuh dari tingkat awal ke tingkat yang lebih tinggi, namun orang
juga dapat jatuh dari tingkat yang lebih tinggi ke tingkat yang
paling awal. Hanya rahmat Allah dan kesediaan untuk terus bekerjasama
dengan rahmat Allah, dan juga tujuh karunia Roh Kudus, yang
memungkinkan seseorang untuk mencapai kesempurnaan kasih.IV. Ajakan untuk mengasihi adalah panggilan untuk hidup kudus
Mengasihi Allah dan sesama merupakan hukum yang terutama bagi umat beriman, dan merupakan panggilan yang diserukan oleh Gereja kepada semua orang yang berkehendak baik. Ini jelas disebutkan di dalam Konsili Vatikan II, tentang Gereja, di bab V, mengenai Panggilan Umum untuk Kesucian dalam Gereja:
“Tuhan Yesuslah Guru dan
Teladan ilahi segala kesempurnaan. Dengan kesucian hidup, yang
dikerjakan dan dipenuhi-Nya sendiri, Ia mewartakan kepada semua dan
masing-masing murid-Nya, bagaimanapun juga corak hidup mereka: “Kamu
harus sempurna, seperti Bapamu yang di sorga sempurna adanya” (Mat
5:48). Sebab kepada semua diutus-Nya Roh Kudus, untuk menggerakkan
mereka dari dalam, supaya mengasihi Allah dengan segenap hati, dengan segenap jiwa, dengan segenap akal budi dan dengan segenap tenaga mereka (lih. Mrk 12:30), dan saling mencintai seperti Kristus telah mencintai mereka
(lih. Yoh 13:34; 15:12). Para pengikut Kristus dipanggil oleh Allah
bukan berdasarkan perbuatan mereka, melainkan berdasarkan rencana dan
rahmat-Nya. Mereka dibenarkan dalam tuhan Yesus, dan dalam baptis iman
sungguh-sungguh dijadikan anak-anak Allah dan ikut serta dalam kodrat
ilahi, maka sungguh menjadi suci. Maka dengan bantuan Allah mereka wajib mempertahankan dan mengembangkan dalam hidup mereka kesucian yang telah mereka terima.
Oleh rasul mereka dinasehati, supaya hidup “sebagaimana layak bagi
orang-orang kudus” (Ef 5:3); supaya “sebagai kaum pilihan Allah,
sebagai orang-orang Kudus yang tercinta, mengenakan sikap belas
kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemah-lembutan dan kesabaran”
(Kol 3:12); dan supaya menghasilkan buah-buah Roh yang membawa kepada
kesucian (lih. Gal 5:22; Rom 6:22). Akan tetapi karena dalam banyak hal
kita semua bersalah (lih. Yak 3:2), kita terus-menerus membutuhkan
belaskasihan Allah dan wajib berdoa setiap hari: “Dan ampunilah
kesalahan kami” (Mat 6:12).
Jadi bagi semua jelaslah, bahwa semua orang Kristiani, bagaimanapun status atau corak hidup mereka, dipanggil untuk mencapai kepenuhan hidup Kristiani dan kesempurnaan cinta kasih.
Dengan kesucian sedemikian ini sebuah kehidupan yang lebih manusiawi
dapat dimajukan di dalam kehidupan masyarakat di dunia ini. Untuk
memperoleh kesempurnaan itu hendaklah kaum beriman mengerahkan tenaga
yang mereka terima menurut ukuran yang dikurniakan oleh Kristus, supaya
dengan mengikuti jejak-Nya dan merupai citra-Nya, dengan melaksanakan
kehendak Bapa dalam segalanya, mereka dengan segenap jiwa membaktikan diri kepada kemuliaan Allah dan pengabdian terhadap sesama.
Begitulah kesucian Umat Allah akan bertumbuh dan menghasilkan buah
berlimpah, seperti dalam sejarah Gereja telah terbukti dengan cemerlang
melalui hidup sekian banyak orang kudus.” (Konsili Vatikan II, Lumen Gentium 40)
Selanjutnya silakan membaca artikel seri tentang Kesucian/ Kekudusan: Apa itu Kesucian/Kekudusan?; Semua Orang Dipanggil untuk Hidup Kudus; Refleksi Praktis tentang Kekudusan; Kerendahan Hati: Dasar dan Jalan Menuju KekudusanV. Mari mengasihi
Dari pembahasan di atas, maka sudah seharusnya kita berjuang untuk melaksanakan perintah Kristus yang utama, yaitu untuk mengasihi Tuhan dengan segenap hati, jiwa dan akal budi serta mengasihi sesama seperti diri sendiri. Ini adalah kekudusan yang kepadanya kita semua dipanggil, seturut dengan kehendak Allah (lih. 1Tes 4:3). Hanya dengan mengasihi, manusia dapat memperoleh arti hidup, yaitu kebahagiaan di dunia ini dan pada saatnya nanti, akan kebahagiaan abadi di Sorga. Mari, mulailah dan bertumbuhlah dalam kasih, sebab kita semua diciptakan untuk mengasihi.CATATAN KAKI:
- St. Thomas Aquinas, The Aquinas Catechism : A Simple Explanation of the Catholic Faith by the Church’s Greatest Theologian (Manchester N.H.: Sophia Institute Press, 2000), p.249-250 [↩]
sumber utama:
http://katolisitas.org/2011/10/18/dua-perintah-utama-mengasihi-tuhan-dan-mengasihi-sesama/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar