Kalender Liturgi

Selasa, 29 Maret 2011

Lembar Pemeriksaan Batin

oleh: P. Edward Filardi, Gaithersburg, Maryland
Menerima Sakramen Pengakuan Dosa












I. Akulah Tuhan Allahmu. Jangan menyembah berhala, berbaktilah kepada-Ku saja dan cintailah Aku lebih dari segala sesuatu.

Apakah aku menyediakan waktu setiap hari untuk berdoa kepada Tuhan?
Apakah aku percaya akan takhyul dan jimat, dan bukannya percaya kepada Tuhan saja?
Pernahkah aku menolak ajaran Gereja atau menyangkal bahwa aku seorang Katolik?

II. Jangan menyebut Nama Tuhan Allah-mu dengan tidak hormat.
Pernahkah aku menyebut nama “Tuhan” atau “Yesus” dengan tidak hormat?
Pernahkah aku menggunakan kata-kata kotor atau mengumpat? Apakah aku mengharapkan yang jahat bagi orang lain?

III. Kuduskanlah hari Tuhan.
Pernahkah aku tidak pergi ke Misa pada hari Minggu atau pada hari yang diwajibkan?
Apakah aku datang terlambat ke gereja atau apakah aku pulang lebih awal? Apakah aku berusaha khidmat dan menaruh perhatian selama Misa?
Apakah aku menghindari pekerjaan-pekerjaan yang tidak diperkenankan pada Hari Minggu?
Apakah aku menjadikan Hari Minggu sebagai hari untuk berdoa dan beristirahat?

IV. Hormatilah ibu-bapamu.
Apakah aku hormat serta taat kepada orangtuaku?
Pernahkah aku melawan atau menyakiti mereka dengan perkataan atau perbuatan?
Apakah aku bersedia melakukan kewajibanku di rumah ataukah aku harus diomeli berulang kali?
Apakah aku berusaha untuk rukun dengan kakak dan adikku? Apakah aku suka mengadu atau suka mengganggu?
Apakah aku memberikan teladan yang baik, terutama kepada adik-adikku?
Apakah aku menghormati mereka yang berwenang: para imam, biarawati, polisi, orang lanjut usia, pembantu, dll?

V. Jangan membunuh.
Apakah aku memukul teman-temanku atau menyakiti tubuh mereka?
Apakah aku mengatakan yang jahat, atau memperolok anak-anak lain untuk menyakiti hati mereka?
Apakah aku mengatakan hal-hal yang jahat tentang orang lain?
Pernahkah aku tidak bertegur sapa dengan seseorang? Apakah aku menganjurkan teman-temanku untuk melakukan yang jahat?
Apakah aku berusaha untuk mengasihi semua orang?

VI. Jangan berzinah.
Apakah aku memperlakukan tubuhku dan tubuh orang lain dengan sopan dan hormat?
Apakah aku menonton acara televisi, film atau gambar-gambar yang tidak sopan?
Apakah aku rendah hati dalam perkataanku dan apakah aku berpakaian dengan sopan?

VII. Jangan mencuri.
Pernahkan aku mengambil barang-barang yang bukan milikku dari toko atau dari orang lain?
Pernahkah aku merusakkan atau menyalahgunakan barang-barang milik orang lain dengan sengaja?
Apakah aku mengembalikan barang-barang yang aku pinjam? Dan dalam keadaan baik?

VIII. Jangan bersaksi dusta tentang sesamamu.
Apakah aku jujur dalam pekerjaan sekolahku?
Apakah aku berbohong agar aku tampak hebat?
Apakah aku berbohong agar aku tidak dihukum?
Apakah aku berbohong untuk memperlihatkan kelemahan orang lain atau agar mereka tertimpa masalah?

IX. Jangan mengingini isteri sesamamu.
Apakah aku memberi kesempatan kepada orangtuaku untuk melewatkan waktu bersama, ataukah aku menjadi iri hati dan ingin agar mereka mencurahkan perhatiannya hanya untukku saja?
Apakah aku marah jika teman-temanku bermain dengan yang lain?
Apakah aku tidak mau bermain dengan anak-anak tertentu atau aku bersikap jahat kepada mereka karena mereka berbeda?

X. Jangan mengingini milik sesamamu secara tidak adil.
Apakah aku iri dan dengki akan barang-barang atau kemampuan yang dimiliki orang lain?
Apakah aku berterimakasih kepada Tuhan dan kepada orangtuaku atas apa yang telah mereka berikan kepadaku?
Apakah aku berbagi apa yang aku miliki dengan keluargaku, teman-temanku dan orang-orang yang membutuhkan?

sumber: “An Examination of Conscience for Children” by Fr. Edward Filardi, Gaithersburg, Maryland
Diperkenankan mengutip / menyebarluaskan artikel di atas dengan mencantumkan: “diterjemahkan oleh YESAYA: www.indocell.net/yesaya”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kamus Indonesia