1. Badut
Garis besar
Ini merupakan icebreaker yang dapat digunakan di hari terakhir pelatihan yang memakan waktu lama.
Tujuan
1. Membuat peserta berpikir positif.
2. Membiarkan pribadi yang positif kepada peserta lainnya.
Waktu yang dibutuhkan
30-60 menit tergantung pada jumlah peserta.
Jumlah peserta
Tidak dibatasi, tapi semakin banyak peserta maka semakin lama waktu yang dibutuhkan.
Materi yang dibutuhkan
Sebuah pulpen dan selembar fotocopy ‘Kartu Refleksi’ untuk masing-masing peserta. Masing-masing kartu harus bertuliskan nama peserta yang telah dituliskan sebelumnya.
Prosedur
1. Perkenalkan latihan dengan memberitahukan seluruh anggota kelompok bahwa mereka masing-masing akan diberikan selembar fotocopy ‘Kartu Refleksi’ dan sebuah pulpen.
2. Bagikan kartu tersebut sehingga masing-masing peserta mendapatkan satu kartu. Pastikan bahwa tidak ada seorang pun yang memiliki kartu bertuliskan namanya sendiri di awal latihan ini.
3. Sekarang mintalah peserta untuk merefleksikan masa pelatihan sebelumnya dan memikirkan poin yang dimiliki oleh orang yang namanya tertulis pada kartu yang mereka miliki. Jika mereka memiliki poin positif maka mereka harus menuliskannya pada kartu dan memberikan kartu tersebut pada orang lain di kelompok itu. pastikan bahwa semua orang mempunyai kesempatan untuk menulis pada setiap kartu dan mereka memahami bahwa seluruh komentar harus positif.
4. Setelah seluruh kartu telah diberikan pada setiap anggota kelompok, berikan kartu tersebut pada masing-masing pemiliknya. Para peserta kini memiliki waktu 5 menit untuk membaca dan memikirkan komentar di dalam kartu mereka.
5. Simpulkan latihan dengan meminta setiap orang untuk meletakkan kartu mereka di bagian bawah laci sekembalinya ke tempat kerja, dan, ketika mereka mengalami hari yang buruk, mereka harus mengambil kartu itu dan membacanya.
Poin diskusi
1. Bagaimana perasaan setiap orang?
2. Adakah yang ingin membicarakan komentar yang tertulis di kartunya?
Variasi
1. Peserta dapat duduk membentuk lingkaran dan memberikan kartu berkeliling sesuai arah yang telah disepakati.
2. Anda boleh ikut atau tidak berpartisipasi. Jika Anda telah terlibat dengan kelompok tersebut sejak awal maka sangat dianjurkan bagi Anda untuk ikut berpartisipasi.
Sumber
Kate Chalter, Eastwood, NSW.
_______________________________________________________________________
Catatan trainer
2. Benda Apa Ini?
Garis besar
Latihan ini menunjukkan betapa sulitnya suatu perubahan.
Tujuan
1. Membuat peserta melihat bagaimana mereka bereaksi terhadap suatu perubahan.
2. Membuat peserta berpikir tentang perubahan, implementasinya dan penerimaannya.
Waktu yang dibutuhkan
5-10 menit.
Jumlah peserta
Tidak dibatasi.
Materi yang dibutuhkan
Selembar kertas dan sebuah pulpen untuk masing-masing peserta.
Prosedur
1. Berikan pulpen dan selembar kertas kepada masing-masing peserta.
2. Mintalah mereka berpikir tentang sebuah benda yang telah mereka letakkan di suatu tempat di rumah. Jika mereka sudah memikirkan benda tersebut mereka harus menggambarnya dengan menggunakan tangan yang tidak biasa digunakan untuk menulis.
3. Mintalah mereka secara diam-diam memberikan gambar mereka kepada seseorang yang duduk di sebelahnya. Orang tersebut harus menebak benda apakah itu dan menulis nama benda tersebut di bawah gambar.
4. Setelah setiap gambar telah diberi nama, kembalikan kepada pemiliknya.
5. Hubungkan latihan ini dengan tema perubahan. Penjelasan tentang latihan bisa berupa penjelasan bahwa manusia umumnya merasa tidak nyaman dengan perubahan (menggunakan tangan yang berbeda untuk menulis) dan tidak yakin dengan hasil perubahan tersebut (akankah mereka tahu apa hasilnya?).
Poin diskusi
1. Berapa banyak benda yang ditebak dengan benar? (Biasanya mayoritas).
2. Siapa yang merasa tidak nyaman menggunakan tangan ang tidak biasa dipakai?
3. Apakah kita cenderung menentang perubahan sekecil apapun?
4. Bagaimana cara kita mengatasi perlawanan ini?
Variasi
1. Dapat ditetapkan benda jenis lain.
2. Peserta juga dapat diminta untuk menutup matanya pada saat menggambar.
_______________________________________________________________________
Catatan trainer
3. Kembali
Garis besar
Ini merupakan latihan untuk mengumpulkan kembali peserta setelah istirahat.
Tujuan
1. Membuat peserta tahu jam berapa mereka diminta kembali setelah istirahat.
2. Memastikan bahwa peserta kembali tepat pada waktunya.
Waktu yang dibutuhkan
2 menit.
Jumlah peserta
Tidak dibatasi.
Materi yang dibutuhkan
Tidak ada.
Prosedur
1. Informasikan peserta bahwa mereka akan beristirahat dalam beberapa menit lagi.
2. Sebelum keluar, mintalah mereka mencocokkan jam tangan mereka dengan jam tangan Anda. (Cobalah menunjukkan wajah tegas untuk latihan ini.)
3. Sekarang tambahkan dengan lama waktu istirahat dan beritahukan peserta bahwa itu adalah waktu dimulainya sesi berikutnya, dengan atau tanpa mereka. Sebagai contoh, sekarang pukul 10.13, mintalah peserta mencocokkan jam tangan mereka, dan mereka akan beristirahat selama 20 menit dan mereka harus kembali tepat pukul 10.33.
4. Mulailah sesi berikutnya pada waktu yang telah ditetapkan, meski cuma beberapa peserta yang telah kembali. Peserta yang terlambat hadir akan segera mengerti maksudnya.
Variasi
1. Tunjuklah salah satu peserta untuk bertanggung jawab mengumpulkan seluruh peserta kembali pada waktu yang telah ditentukan.
Sumber
Jude Pettitt, Lugarno, NSW.
_______________________________________________________________________
Catatan trainer
4. Kirimkan
Garis besar
Ini merupakan cara alternatif untuk mengevaluasi suatu program yang ditempatkan pada lembar reaksi akhir pelatihan.
Tujuan
1. Memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengevaluasi program secara spontan.
Waktu yang dibutuhkan
10-20 menit, tergantung jumlah dan jenis pertanyaan.
Jumlah peserta
Maksimal 50 orang.
Materi yang dibutuhkan
Catatan ‘Kirimkan’, pulpen dan lembaran kertas yang telah dipersiapkan.
Prosedur
1. Mulailah proses evaluasi dengan mengatakan kepada peserta bahwa mereka akan diminta mengevaluasi hal-hal tertentu sebelum penutupan program.
2. Berikan catatan ‘Kirimkan’ kepada peserta yang banyaknya paling tidak sama dengan jumlah pertanyaan atau poin yang ditunjukkan pada masing-masing lembaran kertas, dan sebuah pulpen untuk menulis.
3. Tunjukkan lembaran kertas yang telah dipersiapkan dengan pertanyaan atau poin yang Anda ingin evaluasi atau komentari. Anda dapat memasukkan pertanyaan berikut. Apa yang anda sukai dari program ini? Apa yang ingin anda ubah? Apa hal terbaik yang anda peroleh? Apa halangan anda dalam menerapkan ide-ide ini? Pesan untuk peserta pelatihan yang lain? Dan lain-lain.
4. Mintalah peserta untuk berkeliling ruangan, bacakan setiap lembar secara bergantian, tulis komentar mereka pada catatan ‘Kirimkan’ dan tempelkan komentar tersebut pada kertas.
5. Setelah seluruh peserta telah berkomentar pada setiap lembar kertas, Anda dapat menutup program.
Variasi
1. Latihan ini dapat dilakukan dalam tim dimana satu tim terdiri dari 5-7 orang dan mintalah setiap tim melekatkan catatannya pada lembaran kertas.
2. Semua komentar harus dibandingkan dan dikirimkan kepada para peserta sama halnya dengan yang disimpulkan dalam laporan akhir program.
Sumber
Jude Pettitt, Lugarno, NSW.
_______________________________________________________________________
Catatan trainer
5. 15 Bagian
Garis besar
Ini merupakan latihan non verbal yang dapat digunakan secara efektif selama sesi komunikasi.
Tujuan
1. Memberikan kesempatan kepada peserta untuk berkomunikasi secara non verbal.
Waktu yang dibutuhkan
30-45 menit.
Jumlah peserta
Tidak dibatasi.
Materi yang dibutuhkan
Satu set yang berisi 15 potong kertas (bagian) dalam 5 amplop untuksetiap 5 peserta.
Prosedur
1. Bagilah peserta menjadi beberapa subkelompok yang terdiri dari 5 orang. Anggota yang tidak dapat kelompok diberikan peran sebagai pengamat.
2. Berikan setiap anggota subkelompok sebuah amplop yang berisi 3 bagian dari sebuah bujursangkar. Mintalah mereka untuk tidak membuka amplop tersebut sebelum disuruh.
3. Beritahukan subkelompok bahwa setiap anggotanya memiliki sejumlah bagian dalam amplop mereka untuk membentuk sebuah bujursangkar. Namun beberapa bagian dari bujursangkar tersebut berada di dalam amplop anggota lainnya. Tugas masing-masing anggota adalah untuk melengkapi bujursangkar tersebut. Semua bujursangkar harus memiliki ukuran yang sama.
4. Katakan kepada para peserta bahwa latihan ini harus diselesaikan secara non verbal (tidak boleh mengatakan sesuatu), tidak boleh menggunakan paksaan dalam mendapatkan bagian lain.
5. Bahaslah dengan mendiskusikan omunikasi non verbal dan metode pemecahan masalah untuk jenis situasi semacam ini.
Poin diskusi
1. Adakah subkelompok yang mengira bahwa mereka telah menyelesaikan latihan padahal seluruh anggotanya belum melengkapi bujursangkar tersebut?
2. Adakah anggota subkelompok yang membuat bujursangkar yang terlalu besar sehingga menghambat anggota lain dalam menyelesaikan tugasnya? Apa hasilnya?
3. Bagaimana informasi tersebut dikomunikasikan? Apakah komunikasi tersebut efektif?
Variasi
1. Potongan kertas (bagian) dapat diwarnai dengan warna yangberbeda-beda untuk membingungkan peserta.
2. Peserta dapat dibertahu bahwa bujursangkar tersebut memiliki ukuran sisi sekitar 20 cm. Hal ini akan mempercepat proses.
Sumber
Diambil dari ‘Broken Squares’, Elizabeth M. Cristopher dan Larry E. Smith, Pelatihan Kepemimpinan Melalui Permainan, Nichols Publishing Co., New York, dan Kogan Page Limited, London, 1987.
_______________________________________________________________________
Catatan trainer
The Pieces
6. Housie
Garis besar
Permainan ini akan membuat para peserta saling mengenal.
Tujuan
1. Memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertemu beberapa peserta lain secara singkat.
Waktu yang dibutuhkan
15-20 menit.
Jumlah peserta
Tidak dibatasi, semakin banyak lebih baik (lebih dari 20 orang).
Materi yang dibutuhkan
Sebuah kartu housie dan pulpen untuk masing-masing peserta. Setiap kartu housie harus memiliki angka housie yang cocok yang tertulis di belakangnya. Juga diperlukan sebuah hadiah kecil.
Prosedur
1. Berikan sebuah kartu housie dengan sebuah angka yang tertulis di belakangnya kepada setiap peserta.
2. Beritahukan anggota kelompok bahwa mereka memiliki waktu 10 menit utnuk mengedarkan kartu tersebut secara cepat satu sama lain agar orang lain menandai angka khusus mereka jika tertera pada bagian depan kartu.
3. Orang yang memiliki paling banyak tanda tangan dalam waktu yang ditentukan adalah pemenangnya dan mendapatkan sebuah hadiah.
Poin diskusi
1. Siapa yang paling banyak mendapatkan tanda tangan?
2. Berapa tanda tangan yang diperoleh peserta lainnya?
Variasi
1. Kartu dapat berisi angka seluruh peserta. Dengan melakukan hal ini maka orang yang mengumpulkan tanda tangan paling cepat dapat mengatakan ‘Housie’.
_______________________________________________________________________
Catatan trainer
7. Bingo Peserta
Garis besar
Latihan ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengetahui hal-hal unik tentang anggota kelompok yang lain.
Tujuan
1. Membuat peserta saling mengetahui satu sama lain.
2. Membuat peserta berkeliling.
Waktu yang dibutuhkan
15-20 menit.
Jumlah peserta
Tidak dibatasi.
Materi yang dibutuhkan
Selembar ‘Bingo Peserta’ dan sebuah pulpen untuk masing-masing peserta. Juga dibutuhkan sebuah hadiah kecil.
Prosedur
1. Katakan kepada peserta bahwa mereka akan memainkan ‘Bingo Peserta’. Berikan sebuah pulpen dan selembar ‘Bingo Peserta’ kepada masing-masing peserta.
2. Beritahukan peserta bahwa mereka harus berkeliling danmencari orang yang sesuai dengan persyaratan pada setiap kolom di lembaran tersebut. Ketika mereka menemukan orangnya, mereka harus meminta orang tersebut menuliskan namanya di dalam kolom yang sesuai. Kemudian mereka melanjutkan mencari orang lain. Seorang peserta hanya boleh menuliskan namanya dalam satu kolom meskipun ia memenuhi persyaratan dalam kolom lainnya.
3. Orang pertama yang berhasil melengkapi seluruh kolom harus meminta hadiahnya dengan meneriakkan ‘Bingo Peserta’. Anda periksa lembarannya danberikan ia hadiah.
Poin diskusi
1. Apakah para peserta menemukan hal-hal aneh tentang peserta lainnya?
2. Adakah yang memiliki pertanyaan atau komentar untuk diajukan selama waktu istirahat berikutnya?
Variasi
1. Lembaran ‘Bingo Peserta’ dapat disesuaikan dengan target peserta.
_______________________________________________________________________
Catatan trainer
_______________________________________________________________________
Bingo Peserta
Anda harus menemukan seseorang yang:
Memiliki sebuah mobil sport | Memiliki sebuah rumah di pedesaan |
Telah menikah | Memiliki 2 anak |
Bermain tenis | Jogging setiap hari |
Jalan kaki ke tempat kerja | Suka membaca |
Bermain sepak bola | Menggunakan komputer |
Balap mobil | Melakukan scuba diving |
Suka merajut | Menyenangi anggur yang enak |
Memandori staf | Memiliki 4 anak |
Memiliki saudara kembar | Memiliki anjing piaraan |
Memiliki kucing piaraan | Suka berkuda |
Tidak ingin berada di sini | Bermata biru |
Bermata coklat | Berambut pirang |
8. Pilihlah Sebuah Bentuk
Garis besar
Ini merupakan latihan singkat untuk membuat peserta tertawa.
Tujuan
1. Membuat peserta tertawa.
2. Menghilangkan ketegangan.
Waktu yang dibutuhkan
5 menit.
Jumlah peserta
Tidak dibatasi.
Materi yang dibutuhkan
Sebuah transparansi OHP yang telah dipersiapkan atau diagram.
Prosedur
1. Perkenalkan latihan dengan mengatakan kepada peserta bahwa mereka akan diminta mengasosiasikan diri mereka dengan salah satu bentuk dari empat bangun datar yang akan ditunjukkan.
2. Tunjukkan transparansi OHP yang telah disipakn dan berikan peserta waktu satu menit utnuk memikirkan bentuk mana yang paling sesuai dengan mereka.
3. Setelah tiap peserta memilih sebuah bentuk, mulailah dengan pertanyaan ‘Siapa yang berasosiasi dengan segitiga?’. Sambil mengangkat tangan, katakan kepada orang-orang ini bahwa mereka memiliki dasar yang teratur dan secara umum cukup stabil. Kemudian tanyakan siapa yang berasosiasi dengan bujursangkar. Beritahukan bahwa mereka adalah orang-orang yang solid dan teratur. Lalu mintalah orang-orang yang berasosiasi dengan Z mengangkat tangannya. Kaakan bahwa mereka umumnya adalah pemimpin yang baik. Akhirnya mintalah orang-orang yang berasosiasi dengan lingkaran mengangkat tangannya. Beritahukan bahwa pikiran mereka selalu disibukkan denganmasalah seks dan hal-hal tidak bermanfaat.
4. Setelah peserta berhenti tertawa, bimbinglah menuju topik yang ada.
Variasi
1. Anda dapat menggunakan deskripsi lain untuk bentuk-bentuk tersebut.
_______________________________________________________________________
Catatan trainer
Pick a Shape
Which shape can you associate with?
9. Berbicara 2 Menit
Garis besar
Latihan ini melibatkan peserta dalam latihan berbicara di depan umum yang sederhana.
Tujuan
1. Memberikan pengalaman kepada peserta untuk bebricara di depan kelompoknya.
2. Untuk melihat betapa cepatnya setiap peserta dapat menyusun dan mengontrol sebuah presentasi singkat.
Waktu yang dibutuhkan
30-40 menit.
Jumlah peserta
Tidak dibatasi, tapi dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 5-7 orang.
Materi yang dibutuhkan
1. Sebuah daftar topik yang telah disiapkan, gunting menjadi potongan kertas kecil, lipat dan tempatkan dalam sebuah kotak kecil yang terbuka. Topik dapat meliputi hal-hal sebagai berikut: keju, kopi, pensil, komputer, kendaraan bermotor, karpet, wol, sepatu, jari kaki, jari tangan, meja, kursi, kertas, udara, air, gelas, waktu, dll.
Prosedur
1. Mintalah peserta membentuk kelompok yang terdiri dari 5-7 orang. Beritahukan bahwa mereka akan memberikan presentasi selama 2 menit sambil berdiri di depan seluruh anggota kelompoknya.
2. Kemudian mintalah pembicara pertama untuk maju ke depan dan mengambil satu topik dari kotak yang disediakan.
3. Setelah pembicara memilih topik, ia harus kembali ke kelompoknya dan berbicara secara spontah selama 2 menit. Proses ini dilanjutkan untuk seluruh peserta.
4. Setelah semua peserta telah maju dan berbicara, bahasilah latihan tersebut.
Poin diskusi
1. Berapa orang yang merasa sangat ketakutan?
2. Seberapa banyak persiapan yang dibutuhkan untuk sebuah presentasi yang singkat?
3. Apakah para peserta ingin melakukannya lagi?
Variasi
1. Anda dapat memberikan kesempatan kepada peserta untuk memilih topiknya sendiri.
2. Latihan ini dapat dilakukan dalam kelompok yang lebih besar selama waktu memungkinkan.
_______________________________________________________________________
Catatan trainer
10. Kemana Perginya?
Garis besar
Latihan ini membuat peserta melihat pentingnya membuat prioritas dari suatu tugas.
Tujuan
1. Membuat peserta melihat kemana perginya waktu mereka.
2. Menyadarkan peserta bahwa mereka harus membuat prioritas dari tugas dan proyek.
Waktu yang dibutuhkan
40-60 menit.
Jumlah peserta
Tidak dibatasi.
Materi yang dibutuhkan
Selembar fotocopy ‘Kemarin’ dan sebuah pulpen untuk masing-masing peserta.
Prosedur
1. Perkenalkan latihan dengan mengatakan kepada peserta bahwa mereka harus mengingat semua hal yang mereka lakukan kemarin, selama 24 jam. Berikan lembaran fotocopy ‘Kemarin’ dan sebuah pulpen untuk setiap peserta.
2. Sekarang berikan mereka waktu 10 menit untuk memikirkan tentang apa yang telah mereka lakukan kemarin dan menuliskannya. Apa yang mereka tulis harus meliputi total waktu 24 jam.
3. Setelah semua hal ditulis, mintalah mereka menuliskan sebuah prioritas untuk masing-masing item. Dapat ditandai dengan prioritas ‘A’, ‘B’ atau ‘C’. ‘A’ menandakan item tersebut terkait dengan tujuan hidup utama atau prioritas teratas dari seseorang. ‘B’ menunjukkan bahwa item tersebut harus dilakukan, tapi tidak terkait dengan tujuan hidup utama ‘C’ menunjukkan bahwa item tersebut dapat ditunda untuk sementara atau mungkin tidak perlu dikerjakan pertama kali.
4. Setelah daftar dilengkapi, tanyakan berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk prioritas ‘A’. dilanjutkan dengan sebuah diskusi tentang pentingnya mengerjakan prioritas ‘A’ setiap hari, dan menghilangkan sebagian besar prioritas ‘C’
Poin diskusi
1. Siapa yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk prioritas ‘C’?
2. Siapa yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk prioritas ‘B’?
3. Siapa yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk prioritas ‘A’?
4. Seberapa penting masing-masing kelompok prioritas ini?
5. Apakah peserta memiliki waktu seimbang antara pekerjaan dan urusan pribadi?
6. Dapatkah peserta mengingat semua hal yang mereka kerjakan kemarin? Jika tidak, mungkinkah waktu yang digunakan tidak produktif?
7. Apakah waktu relaksasi merupakan prioritas ‘A’?
Variasi
1. Dapat digunakan sebuah time log sebelum memulai program.
_______________________________________________________________________
Catatan trainer
Yesterday
Task | Time | Priority |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
Total time spent on ‘A’ tasks =
Total time spent on ‘B’ tasks =
Total time spent on ‘C’ tasks =
11. Kirimkan Saya Sebuah Catatan
Garis besar
Icebreaker ini dapat digunakan pada hari akhir suatu pelatihan yang lama.
Tujuan
1. Membuat peserta berpikir positif.
2. Memberikan kesempatan kepada peserta untuk memberikan pesan pribadi yang positif kepada peserta lain.
Waktu yang dibutuhkan
30-60 menit tergantung banyaknya peserta.
Jumlah peserta
Tidak dibatasi, tapi semakin banyak peserta maka waktunya akan semakin lama.
Materi yang dibutuhkan
Sebuah pulpen dan amplop besar untuk masing-masing peserta. Juga dibutuhkan potongan kertas yangbanyak.
Prosedur
1. Katakan kepada peserta bahwa mereka akan terlibat dalam latihan refleksi positif. Mintalah mereka memindahkan kursi mereka untuk membentuk sebuah lingkaran besar.
2. Berikan sebuah pulpen, amplop dan potongan kertas secukupnya kepada masing-masing peserta untuk menuliskan satu komentar untuk setiap orang dalam kelompok tersebut. Mintalah mereka menulis nama mereka sendiri di depan amplop tersebut.
3. Kemudian mintalah mereka memberikan amplop itu kepada orang yang duduk di sebelah kanannya. Katakan orang ini agar memikirkan sebuah poin positif atauyang menyenangkan tentang orang yang namanya tertera pada amplop, tulislah poin terseut pada sebuah potongan kertas dan memasukkannya ke dalam amplop. Kemudian amplop tersebut diberikan kepada orang yang duduk di sebelah kanan, demikian seterusnya. Pastikan bahwa setiap orang memahami betul bahwa seluruh komentar harus positif.
4. Setelah amplop diedarkan ke seluruh peserta, beritahukan peserta bahwa mereka boleh membuka amplopnya masing-masing dan membaca komentar dari peserta lain. Mereka harus membawa pemikiran positif ini k tempat kerja.
Poin diskusi
1. Bagaimana perasaan setiap orang?
2. Adakah yang ingin membicarakan komentar yang ada di dalam amplopnya?
Variasi
1. Berikan selembar kertas kepada masing-masing peserta di akhir latihan untuk menempelkan potongan-potongan kertas tersebut. Kertas ini dapat disimpan sebagai suatu referensi permanen untuk dilihat setiap kali mereka merasa down.
2. Fasilitator boleh ikut atau tidak berpartsipasi. Jika Anda telah terlibat lama dengan para peserta sejak awal, maka sangat dianjurkan agar Anda berpartisipasi dalam latihan ini.
Sumber
Diambil dari saran Georgina Rea, Lakemba, NSW.
_______________________________________________________________________
Catatan trainer
12. Jaring Labah-labah
Garis besar
Latihan ini dapat digunakan sebagai penutup suatu program yang panjang. Sebaiknya digunakan dengan peserta yang telah menghabiskan banyak waktu bersama-sama.
Tujuan
1. Memberikan kesempatan kepada peserta untuk memberikan pesan terakhir kepada seluruh peserta lain.
2. Untuk mendorong jaringan kerja antar peserta di masa yang akan datang.
Waktu yang dibutuhkan
30-60 menit tergantung banyaknya peserta.
Jumlah peserta
Maksimal 30 orang.
Materi yang dibutuhkan
Sebuah gulungan besar wol atau benang.
Prosedur
1. Mintalah seluruh peserta berdiri dan membentuk sebuah lingkaran kecil.
2. Mulailah jaring labah-labah dengan melemparkan komentar Anda kepada seluruh peserta. Anda bisa menatakan tentang apa yang telah Anda peroleh dari program ini, apa yang Anda ingin lihat di masa yang akan datang dengan informasi baru yang telah diberikan, dll. Setelah Anda mengatakan sepatah dua patah kata, pegang ujung benang dan lemparkan gulungan benang tersebut kepada peserta di seberang lingkaran.
3. Si penerima gulungan memberikan pesan terakhir kepada peserta lainnya kemudian melemparkan gulungan benang kepada peserta lain sambil memegangi bagian benag yang terurai. Proses ini berlanjut hingga seluruh peserta mendapatkan kesempatan berbicara. Di akhir latihan seluruh peserta akan memegang benag dan benang tersebut akan membentuk bentuk yang serupa dengan jaring labah-labah.
Sumber
Jude Pettitt, Lugarno, NSW.
_______________________________________________________________________
Catatan trainer
13. Secara Pribadi
Garis besar
Ini merupakan cara sederhana untuk menutup program secara formal.
Tujuan
1. Memberikan kesempatan kepada peserta untuk menyatakan apa yang menurut mereka, mereka dapatkan dari program ini.
Waktu yang dibutuhkan
15-20 menit.
Jumlah peserta
Tidak dibatasi.
Materi yang dibutuhkan
Tidak ada.
Prosedur
1. Mintalah peserta untuk berpasang-pasangan. Kemudian melengkapi kalimat berikut kepada rekan mereka. ‘Secara pribadi, satu hal yang saya peroleh dari program ini adalah…’
2. Setelah masing-masing individu telah saling menjawab satu sama lain, Anda dapat berkeliling ruangan untuk mendapatkan respon spontan dari setiap peserta terhadap pertanyaan tersebut.
Poin diskusi
1. Apakah seluruh feedback positif?
2. Adakah yang memiliki hal lain yang ingin mereka tambahkan setelah mendengar jawaban peserta lain?
Variasi
1. Jika jumlah peserta tidak terlalu banyak, Anda dapat mengajukan pertanyaan kepada setiap peserta tanpa mereka harus berpasangan.
_______________________________________________________________________
Catatan trainer
14. Aplikasi
Garis besar
Latihan ini akan memberikan kesempatan kepada peserta untuk memikirkan cara mereka menerapkan pengetahuan, ketrampilan atau sikap baru sekembalinya ke tempat kerja.
Tujuan
1. Membuat peserta berpikir tentang cara menerapkan pelatihan sekembalinya ke tempat kerja.
2. Untuk menutup pelatihan secara formal.
Waktu yang dibutuhkan
15-20 menit.
Jumlah peserta
Tidak dibatasi.
Materi yang dibutuhkan
Tidak ada.
Prosedur
1. Mintalah peserta berpasang-pasangan. Lalu mengajukan pertanyaan berikut satu sama lain: ‘Bagaimana Anda akan menerpakan pelatihan ini sekembalinya ke tempat kerja?
2. Setelah semua peserta menjawab pertanyaan rekannya, Anda bisa berkeliling untuk mendapatkan jawaban spontan dari siapa saja. Jika ada yang memiliki rintangan atau masalah dengan implementasi pelatihan tersebut, tanyakan sebabnya dan tindak lanjuti dengan sesi brainstorming untuk mencari solusi yang masuk akal.
Poin diskusi
1. Dapatkah setiap orang menerapkan pengetahuan, ketrampilan atau sikap baru sekembalinya ke tempat kerja?
2. Adakah peserta yang memiliki masalah dengan penerapan tersebut?
3. Kira-kira bagaimana perasaan karyawan lain di tempat kerja peserta terhadap perubahan itu?
Variasi
1. Mintalah setiap orang menulis jawaban atas pertanyaan tersebut di atas selembar kertas, kumpulkan kertas itu kemudian bacakan di depan seluruh peserta.
_______________________________________________________________________
Catatan trainer
15. Bertepuk Tangan
Garis besar
Ini merupakan latihan pembangkit semangat untuk membuat para peserta bergerak dan tertawa.
Tujuan
1. Membuat peserta bertepuk tangan dan bergerak berkeliling.
2. Membuat peserta tertawa.
Waktu yang dibutuhkan
2-5 menit.
Jumlah peserta
Tidak dibatasi.
Materi yang dibutuhkan
Tidak ada.
Prosedur
1. Katakan kepada para peserta bahwa mereka akan terlibat dalam latihan pembangkit semangat. Beritahukan mereka bahwa pelaksanaan latihan ini merupakan suatu kebiasaan yang bertentangan dengan banyak program.
2. Sekarang katakan bahwa kebiasaan ini adalah mereka harus memberikan applaus kepada orang yang menyediakan fasilitas minum teh (atau siapa saja yang dipilih oleh fasilitator). Setelah bertepuk tangan, beritahukan peserta tentang bagian kedua dari ritual ini. Sekarang mereka harus memberikan applaus kepada orang yang membersihkan ruangan pelatihan (atau siapa saja yang dipilih fasilitator). Hal ini dapat berlangsung selama yang Anda inginkan.
3. Doronglah dengan memberikan applaus keras untuk memulai, dan kemudian berdiri, tersenyum, menghentakkan kaki dan bersuit.
Poin diskusi
1. Adakah peserta yang mempunyai nominator untuk diberikan applaus?
Variasi
1. Fasilitator dapat memilih anggota kelompok untuk memberikan applaus.
2. Sebuah ‘Meteran Tepuk Tangan’ dapat digambar pada whiteboard supaya peserta dapat melihat tingkat applaus mereka.
_______________________________________________________________________
Catatan trainer
16. Garis Waktu
Garis besar
Latihan ini akan memberikan kesempatan kepada peserta agar lebih akrab dengan perasaan satu sama lain. Juga dapat digunakan untuk menilai tingkat stress dalam kehidupan para peserta.
Tujuan
1. Memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengidentifikasi 6 perubahan besar dalam hidup mereka.
2. Memberikan kesempatan kepada peserta untuk menyusun perubahan tersebut dan mengungkapkannya jika mereka bersedia.
Waktu yang dibutuhkan
15 menit.
Jumlah peserta
Tidak dibatasi.
Materi yang dibutuhkan
Selembar kertas dan sebuah pulpen untuk masing-masing peserta.
Prosedur
1. Berikan selembar kertas dan pulpen kepada masing-masing peserta. Mintalah mereka mengidentifikasi 6 perubahan besar dalam hidup mereka yang dapat mereka ingat. Juga beritahukan bahwa meski mereka tidak akan diminta untuk menyatakan keenam peristiwa tersebut, mereka diminta berbagi satu diantaranya dengan seorang rekan.
2. Setelah mereka memikirkan perubahan hidup ini, mintalah mereka menggambar suatu garis waktu dimulai dari peristiwa besar pertama dan berakhir sampai detik ini. Bersamaan dengan garis waktu tersebut mereka diminta untuk menandai keenam perubahan. Mereka tidak diminta menuliskan peristiwa apa saja perubahan tersebut.
3. Setelah keenam peristiwa ditandai, mintalah mereka berbalik menghadap rekannya dan memberitahukan salah satu dari keenam peristiwa tersebut. Setelah keduanya menggambarkan peristiwa masing-masing, mintalah mereka mengindikasikan perasaan apa yang mereka miliki sebelum, selama dan setelah perubahan hidup ini.
4. Sekarang pimpinlah sebuah diskusi tentang topik ini.
Poin diskusi
1. Apakah orang yang memiliki mayoritas peristiwa ini berkelompok bersama-sama?
2. Dapatkah kita menggunakan sesuatu semacam garis waktu ini untuk mengidentifikasi orang yang mengalami stress hebat?
Variasi
1. Anda dapat meminta garis waktu dimulai dari usia 1, 5, 10 atau 20 tahun atau bahkan sejak lahir.
_______________________________________________________________________
Catatan trainer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar