Kalender Liturgi

Senin, 26 Oktober 2009

Reportase Ret-Ret Penutupan KOMJak I



Kabar Jakarta: Samadi, Jakarta Timur

Semua Menunggu Kita

Misa perutusan pada Minggu, 18/10, tampak penuh suka cita bagi 14 orang peserta KOMJak yang memiliki concern dan komitmen tinggi dalam pengembangan diri.


Dengan mengalungkan Rosario, peserta mengenggam segelas cahaya lilin kecil sambil mengucapkan janji nyata sebagai Komjakers.

Ret-ret perutusan peserta Kampus Orang Muda Jakarta (KOMJak) berlangsung dari 16 Oktober – Minggu 18 Oktober 2009 di Samadi, Jl. Dermaga 6 Klender, Jakarta Timur.


Pastor Johannes N. Hariyanto, SJ sebagai penanggung jawab program KOMJak mendampingi para peserta KOMJak selama ret-ret dan sekaligus memimpin misa penutupan program pembelajaran KOMJak yang dimulai sejak November 2008.


Pada misa perutusan, Romo Hariyanto SJ, Pastor Mahasiswa KAJ Unit Barat ini, menyuapkan komuni kudus dan juga memberikan penumpangan tangan di atas kepala setiap peserta sebagai tanda berkat perutusan.

Selama hampir setahun pembelajaran KOMJak, peserta mendalami modul sosio-ekonomi, politik, multikulturalisme, hukum dan HAM. Peserta juga mendapatkan pelatihan penulisan, public speaking, dan video jurnalisme dari beberapa pakar dan fasilitator.


Romo Hari, sapaan akrab para Komjakers, secara langsung membimbing kerohanian peserta. Para peserta dilatih untuk berdoa meditasi, kontemplasi sesuai Kalendar Liturgi


Peserta KOMJak pertama, yang diberi nama angkatan St. Fransiskus Xaverius ini, dituntut mengalami dan terlibat langsung, menemukan sesuatu dan akhirnya dapat mengubah sesuatu yang terjadi pada dirinya maupun pada bangsa ini.


Para peserta KOMJak yang berstatus karyawan, guru, mahasiswa, aktivis masyarakat dan paroki ini, akan terlibat diberbagai bidang sosial, politik, keagamaan, hukum dan HAM dan elemen masyarakat, Gereja dan bangsa ini.


“Semua yang saya peroleh dari KOMJak merupakan hal yang baru. Bagi saya yang paling utama dalam KOMJak ini adalah pengembangan spiritualitas. Saya dapat berdoa dan membaca Kitab Suci dengan lebih baik dan benar. Saya dapat merenungkan dan menghidupkan Sabda Allah dengan meditasi dan kontemplasi pribadi. Romo Hari sangat setia membimbing kami, meskipun saya hanyalah seorang awam muda” ungkap saya dalam kebahagian.


KOMJak adalah program beasiswa pengembangan diri komprehensif yang diselenggarakan bagi orang muda Katolik di Keuskupan Agung Jakarta (KAJ).


Program KOMJak diperuntukan bagi orang muda Katolik yang memiliki cita-cita mengembangkan diri bagi Gereja dan bangsa (bdk. HIDUP, No 48, 30 November 2008).


Informasi lebih lengkap mengenai KOMJak angkatan kedua dapat mengakses http://komjakarta.org situs website KOMJak.


“Semua Menunggu Kita” merupakan tiga buah kata hasil refleksi perjalanan saya sebagai KOMJakers. IMANUEL



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kamus Indonesia