Kalender Liturgi

Rabu, 23 Maret 2011

BEBERAPA SIMBOL DALAM GEREJA


NIMBUS
Kata "Nimbus" dipakai untuk menunjuk pada lingkaran yang mengelilingi kepala Tuhan, Bunda Maria dan para orang kudus. Kita melihat dalam banyak gambar orang kudus, ada lingkaran yang mengelilingi kepala. Itulah Nimbus yang mau menunjukkan bahwa kemuliaan Ilahi ada dalam diri mereka itu.


XP
Kerap kita melihat simbol PX, yakni huruf P ditempatkan persis di tengah huruf X, sehingga, menjadi PX sebagaimana yang terlihat pada gambar. PX ini sebenarnya berasal dari kata YUNANI "Christos" yang berarti Kristus. Tetapi kata Yunani Christos ditulis demikian XPIETOE (dibaca Christos). Maka jelaslah XP itu adalah dua huruf pertama dari Kristus dalam huruf Yunani. XP menunjuk pada Kristus.


IHS
IHS kerap dihubungkan dengan singkatan Iesus Hominis Salvator yang berarti "Yesus Penyelamat Dunia". Itu juga diasosiasikan dengan kata "In Hoe Signo" (Vinces), yang berarti "Dengan Tanda Ini" (kamu akan menang), kata yang dipakai oleh Kaisar Romawi pertama yang menjadi Kristen, yakni Kaisar Konstantinus Agung. Tanda yang dimaksud adalah tanda salib. Tetapi sebenarnya IHS adalah tiga huruf pertama dari nama Yesus dalam huruf Yunani. Kata latin dari Yesus adalah IESUS. Nah dalam bahasa Yunani I sama dengan I, E sama dengan H, dan S tetap sama dengan S. Maka kita mendapatkan IHS. Jelaslah bahwa IHS menunjuk pada Yesus.

Dikutip dari: Percikan Hati, Vol 6 No.05, Januari 2008

(Kiriman dari: AChi)
sumber http://kepks.blogspot.com/2008/03/beberapa-simbol-dalam-gereja.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kamus Indonesia