Kalender Liturgi

Sabtu, 19 Maret 2011

DOSA ASAL


Pada masa Gereja perdana kita tahu ada beberapa kelompok/golongan yang menolak konsep "dosa asal", seperti Gnostics, Manichaeans, Pelagians, dan lainnya, yang tidak sesuai dengan pengajaran Gereja Katolik. Dibawah ini kami ketengahkan beberapa ayat dalam Kitab Suci yang berhubungan dengan dosa asal

Manusia pertama telah berbuat dosa:

Dalam kitab Kejadian dinyatakan bahwa Adam dan Hawa telah berdosa dan oleh karena itu, maka Adam dan Hawa dan seluruh keturunannya harus menanggung dosa. (lih Kej 2).

"Tetapi karena dengki setan maka maut masuk ke dunia, dan yang menjadi milik setan mencari maut itu." (Keb 2:24).

"Tetapi aku takut, kalau-kalau pikiran kamu disesatkan dari kesetiaan kamu yang sejati kepada Kristus, sama seperti Hawa diperdayakan oleh ular itu dengan kelicikannya." (1Tim 2:142, Kor 11:3, Rm 5:12, Yoh 8:44).

Dosa manusia pertama adalah dosa kesombongan ( Sir 10:14-15, Rm 5:19, Tob 4:14).

Manusia kehilangan berkat kekudusan dan terpisah dari Allah. (Kej 3). Manusia kehilangan "the gift of integrity", sehingga manusia dapat menderita dan meninggal (Kej 3:16).

Manusia terbelenggu oleh dosa dan kejahatan (lih. Kej 3:15-16; Yoh 12:31; 14:30; 2 Kor 4:4; Ib 2:14; 2 Pet 2:19).

Dosa asal ini diturunkan kepada semua manusia:

"Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku dikandung ibuku" (Mz 51:7). "Siapa dapat mendatangkan yang tahir dari yang najis? Seorangpun tidak!" (Ay 14:4). "Tetapi karena dengki setan maka maut masuk ke dunia, dan yang menjadi milik setan mencari maut itu."(Keb 2:24). "From the woman came the beginning of sin, and by her we all die." (LXX/ Septuagint - Sir 25:33).

Dan kemudian rasul Paulus memberikan penegasan dengan memberikan perbandingan antara Adam, manusia pertama yang jatuh ke dalam dosa kesombongan, dan Kristus yang membebaskan manusia dari dosa dengan ketaatan kepada Allah (Rom 5:12-21, bdk 1Kor 15:2, Ef 2:1-3, Rm 5:12-19, 1).

Demikian halnya para Bapa Gereja. Santo Agustinus (De Nupt. et concupt. II 12,25) mendukung konsep Dosa Asal dan juga . St. Cyprian juga memperkuat doktrin dosa asal dengan memberikan alasan bahwa dosa asal merupakan doktrin yang memang telah ada sejak awal mula, yang dibuktikan dengan permandian bayi untuk penghapusan dosa (lih. St. Cyprian, Ep. 64, 5). Dimana doktrin Dosa Asal diperkuat dari pernyataan Konsili Trente (D.790). Dari hal tersebut di atas, maka doktrin tentang dosa asal bersumber kepada dari Alkitab, juga dari Tradisi Suci, yang diperkuat oleh Bapa Gereja dan Konsili.


untuk lebih memahami, silahkan lihat Katekismus Gereja Katolik<=Klik

http://www.imankatolik.or.id/dosaasal.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kamus Indonesia