Kalender Liturgi

Selasa, 22 September 2009

Model Pacaran_kasus1

Siang ini, 22 September 2009, saya mendapat pesan melalui jaringan facebook. Pesan itu dari seorang teman yang sedang mengalami problematik dalam berpacaran.

Semoga dalam berpacaran, kita semua memperoleh kebijaksanaan dan kebahagiaan sejati.

Berikut saya lampirkan pesan dari teman saya dan balasan saya.

Semoga anda semua dapat memetik hikmah dari artikel ini.

Untuk kedua temanku, semoga kalian mendapatkan jalan terbaikNya.

IMANUEL


Nb: dalam artikel ini sedikit mengunakan bahasa ilmiah popular dan menggunakan nama samaran.


“Tentang Teman u...”

Antara Melki Pangaribuan dan Si Bunga

Si Bunga 22 September jam 11:18

Melq,,
Sry udh ganggu u...

U gak mau kan tmn u jatuh k Narkoba/mabok"an lg??
Skrng tmn u ini kambuh lg...
Gw dgr dr tmnya dy, skrng stp mlm Mr. J suka mabok"n...
Semua gr" gw, tp gw bnr" gak bs nolong dy,,
Gw udh SAKIT HATI bgt sm dy...

Gw bnr" bingung Mel,
Gw hrs gmn??
smnjk dy mukulin gw d dpn umum, leher gw biru d pukul dy, kepala gw benjol d pukul pake helm d pinggir jalan lg, paha gw uratnya berjendol d tonjok ama dy, flsh disk gw yg isinya document bkp+ tugas" kuliah gw yg tgl d print d buang sama dy, SIM card XL n Esia gw d patahin,trs d buang, rambut gw d jambak, gw d gampar, kaca mata baru gw beli udh rusak gr" jatuh pas d tampar dy...


rasa benci gw sm dy semakin besar,nth knp x ini gw gak bisa maafin dy,, Dy mukul gw bukan hany skl atw dua kali, tp lbh dr5x, tp setiap gw maafin dy, dy msh ja ngulangin lg...

Mknya gw memustuskan utk tinggalin dy, aplg bonyok gw gak s7 dgn hub gw ama dy, krn bonyok gw malu jd omngn
Si Bunga pny pcr gak bs bw mtr, mknya tetangga" smw pd gosipin gw n nyokap jd jth sakit...

Jujur kl gw d tny "apa gw msh sayang sm dy, ya gw msh sayang sama dy, tp nth knp stp malam bayangan"dy mukul gw selalu dtng n buat gw sakit hati n gak bs tidur, serasa gw itu cm ce yg d bego"in n d manfaatin cm d mintain duit trs... Mknya skrng gw mnt tlng sm u, tlng sms dy atw u dtng k rmhnya, u tny" n ksh nasehat...

Gw jg gak mau dy jatuh k dlm lubang yg sama, cm gr" gw...
Tp gw jg gak bisa balikan lg sama dy...

MelQ.. Please tlng gw... Kasian kan kl dy jatoh k minum"an lg...
Thx...



Melki Pangaribuan 22 September jam 11:27

hai... Si Bunga yg baik n the best sbg anakNya.

sblmny gw turut sedih ya apa yang terjadi diantara kalian. dan gw jujur sangat ngerasain sakitny lo.
gw jg jd merasa ga enak ke lo, krn gw bagian dr laki2.

sebelumnya, sori nih. gw hrs banyak tny ke lo dulu.

1. kpn peristiwa diatas berlangsung (termasuk yg lbih dr 5x)
trus kpn kjadian yg terparah terjadi itu?

2. ohia.. penyebabnya knp?
knp lo merasa kalau apa yang terjadi pada
Mr. J adalah kesalahan lo?

3. bagaiaman keadaan lo skrg? apakah masih penuh dengan luka2 fisik?
semoga cpt sembuh ya.

IMANUEL



Si Bunga 22 September jam 12:06

1 & 2. Pertama x dy gampar gw d rmhnya dy, d saat dtngnya Mis. Daun.


yg kedua x nya pas gw lg nyetir motor ada lubang pas kebetulan gw gak bgt lihat, dy langsung geplak kepala gw n ngebentak"gw, kjadian itu udh sering bgt...


Yg ketiga d Bekasi Square, cm mslh gw gk mau garukin kepalanya dy, dy mrh, tngn gw d cubit"n smp biru, trs gw d gampar d dpn umum.. Yg keempat, mslh dy cemburu sma tmn gw, Mr D (tmn kampus) pdhl gw satu kelas n rmhnya d HI, dy cemburu bgt sma Mr. D.. sbnrnya bkn Mr. D doank, tp sama tmn"cewe gw dy jg marah...


Yg k4 d rmh gw, nah kl d rmh gw sering... Kepala gw d jedotin k tembok, d gampar, rambut gw d jambak, dy gw cuekin cz gw gy beres"n baju tba" dy narik rambut gw n gw d geret k ruang tamu...


Yg k5 gw udh d pesenin sm bkp, Mr. J jgn maen k rmh, kl maen k rmh pas ada bonyok ja, gw blng k dy, tp dy nekad dtng n nuduh gw gak" yang blng gw maen kencan ama co lain?? pdhl bkn itu, eh tb" dy dtng k rmh lngsng gw d geret k kursi paha gw d tonjok sama dy smpe biru gede...

Yg terakhir ini kmrn d Giant. Dy lg tes kesehatan d denso, hbs tes dy gw ajak ketemuan d giant qt nonton.. Dy blng d cibitung - bekasi itu 2jam y? pas dy mw balik sms gw c, cm gw nyantai j, pas gw baru nyampe bridgstone, dy udh nympe duluan n dy blng ktnya d antr ama tmnya nae mtr...


Nah d BS kl siang kan lg macet, trs pas gnt angkot 25 abangnya ngetem lama, tp pkrn dy itu gw ketemuan dulu sama co laen, pdhl itu kaga sm sekali. eh dy mrh" ktnya " ORANG D SURU BAWA MOTOR, MALAH GAK BAWA MOTOR!!!,pdhl dr awal gw udh blng, kl motor gw itu d pake sama ade gw, Si Kembang les,, aplg dada gw msh sesak gr"akhr" ini gw k kmps bw mtr.. Pas gw turun dr angkot gw lngsng d samper dy, kepala gw d pukul pake helm, tngn gw d cubitin, gw smpt mw aduin dy k polisi, pas kebetulan d situ kan ada pos polisi. Tp gw kan orngnya gak tega mel...


Pas msk giant dy blng mw nitip helm dulu, trs Hp gw d pegang sm dy, SIM CARD gw d ambil, FLESH DISK gw d buang, pdhl d situ dokumen" penting bkp ada d situ semua... Setlah dy buang tuh flsh disk, gw lngsng lari menjauhi dy, tp dy msh te2p bs ngejar gw n pinggang gw d tonjok dan gw d gampar d lihat sm orng bnyk, kcmata gw sampe jatuh n pas bgt gw gak bs nahan tangis, d situ gw duduk d lantai n nangis kejar.. Dy lngsng ninggalin gw.. Gw lngsng kabur n plng...


Mslhnya cm dy nunggu gw d giant setengah jam...
Itu bru stngh jm, lah gw dulu 1jm lbh nunggu dy d alfa pasar, janjian jam stgh 12 ktemuan, tp pas gw tlpn msh tidur... Jm 12 lwt gw tlpn, dy msh tdr lg, ktnya td nunggu kmr mnd sepi, eh malah ketiduran... pas gw tlpn lg, dy blng ap cb?? udh gak jd prg, km ja yg maen k rmh ku?? 1jm lbh nungu tp gk jd prg, dy mlh ngomong gthu...??

3. kl yg paha birunya udh ilang, cm skrng jd ada jendolan urat gthu, tgn yg biru" d cubitin dy udh ilang.. Skrng tgl benjol d kepala belakang n leher kl buat tidur sakit...



Melki 22 September jam 0:06


wah.. . mengerikan sekali ya

. gw turut bersedih atas kejadian2 yang menimpa u.

berikut komentar dan saran gw berdasarkan pemahaman pengetahuan gw dan dr cerita lo di atas.
maaf ya sebelumnya.

1. JANGAN BERPACARAN SAMA
Mr. J!
Ini gw katakan dgn Tegas, meskipun
Mr. J teman gw. gw berharap lo menyudahi hubungan lo dengan ikhlas. gw ga tau apa yang akn terjadi sama lo, jk lo melanjutkan lagi berpacaran, apalagi hingga lo menikah kelak ma dia. gw ga bisa ngebayangin deh.

alasannya:
1.1. secara psikologis
Mr. J memiliki pola hidup dan tingkah laku yang sangat buruk dalam berpacaran.
secara sehat dan logika, dalam berpacaran tidak ada kejadian buruk/jahat yang separah yang lo alami.
posesif dan cemburu memang harus ada dalam berpacaran, tapi tidak pernah dibenarkan jika harus memukul,dll.

1.2.
Mr. J belum dewasa dalam mengolah akal budinya/intelektualnya belum diolah dgn baik.
gw ga nyaka
Mr. J bs setega itu ma lo: mukul, nyubit, dll baik di saat kalian bduaan maupun saat di dpn umum.
DIA SUNGGUH TIDAK DEWASA.

1.3. mungkin ada latar belakang lain yang menyebabkan perbuatan dia itu: mungkin depresi atau stress, atau mungkin karena status dia saat ini (yang sedang berupaya mencari kerja), atau kesehatan dia yang katanya ada penyakit tertentu. dan masih banyak hal kemungkinan lain yang kurang gw ketahui.

1.4. secara rohani:
Mr. J sepertinya memiliki pengalaman pahit atau akar pahit. jika ia sungguh2 mencintai pasangannya tentu ia akan menghormati lo, menyayangi lo (baca: Si Bunga), dan tidak mengulanggi perbuatan brutal/gilanya ke lo lebih dari satu kali.

upaya gw nanti;
gw akan berupaya berdialog dgn
Mr. J semampu gw.

2. LO HARUS BERHATI-HATI
2.1. Sambil lo mengobati luka fisik yang lo alami. sebaiknya lo harus berhati-hati jika suatu saat dia macam-macam lagi

2.2. apakah lo sudah menceritakan secara lengkap kejadian2 yang lo alami ke bonyok lo?
seandainya
Mr. J macam-macam lagi ke lo, sebaiknya dan harus lo melaporkan ke bonyok lo secara lengkap yang lo alami.

2.3. jika sampai dia melakukan yg macam-macam lagi ke lo di depan umum, lo harus berteriak atau meminta pertolongan orang lain. jika perlu lo melaporkan ke polisi.

alasannya:
karena perbuatan
Mr. J adalah pelanggaran hukum, dia seharusnya kena KHUP tentang penganiayaan terhadap org lain, dan dia sebenarnya dpt di hukum berat.

hal baiknya adalah:
*supaya
Mr. J sadar akn perbuatanny ke lo.
*supaya ia tidak melakkn hal sama ke orang lain.
*supaya ia menyesalai perbuatanny dan mau bertobat

3. AMPUNI
Mr. J DENGAN TULUS DAN IKHLAS
sambil lo mengobati luka-luka fisik lo, ada baiknya juga lo mengobati luka batin yang lo alami.
memang akan sedikit sulit jika lo harus mengampuni
Mr. J. tapi gw berharap lo sungguh-sungguh mengampuni dia dan mendoakan dia agar Tuhan merubahnya total.

kan skrng masi suasana lebaran, jadi maafkn dia jg bagian dr indahnya idul fitri. hhhe

alasanya:
yang utama adalah karena lo adalah Anak-anak terang.
buka hati lo untuk Roh Kudus supaya hidup lo bahagia. dan doakan dia semoga berubah.

ada beberapa tips
lihat di:
http://melkipangaribuan.blogspot.com/2009/09/tips-mengampuni-musuh.html

upaya gw:
gw akan mendoakn kalian smoga menerima karunia HIKMATNYA atas pengalaman berpacaran kalian.
semoga kalian berdua, masing-masing memperoleh jalan terbaik dariNya.

okey Si Bunga sekian dulu dr gue,

jika lo balas pesan gw ini.
tolong sms gw ya.

IMANUEL



Si Bunga 22 September jam 15:02

Gw sbnrnya bisa maafin dy, tp ntah knp stp malam gw salalu terbayang" perbuatan yg dy lakukan... Kl gw lg sibuk bgni, gw bisa maavin dy, tp kl gw lg sendiri, atw nontn tv/pas mw berdoa n tdr, pasti teringat sm kelakuan dy...

Saat ini gw udh menghindar dr
Mr. J... Gw udh gnt no.hp... Yg gw xmx k u itu pke no.ade gw... smlm tmny Mr. J xmx, ktnya hp yg gw ksh k dy udh d jual k tmnnya, yg namanya Mr. C.. Gw gak tau deh itu bnr atw gk... Yg pst tmnya mrh" ama gw, yg ngata"in gw, trs udh gthu nyalahin gw Mr. J jd pemabuk gr" gw... N dy jg memohon untuk ajak dy refreshing... Gw bilang sama dy gw udh maafin dy, tp sorry kl misalnya gw gak bisa ngelanjutin hub.gw ama dy, cz gw bnr" udh sakit hati sekali... Tp gw akan berusaha untuk maafin dy... Eh dy mlh mrh" sm gw lg mel??gw d katain ce gak tau d untung lah, ce keras kepala!! d katain muna lah... skrng gw bnr" bingung...

Gw emng sayang sama dy, tp setelah kejadian ini gw gak mau terulang lg... Gw bnr" udh cape... Biarin orng" ngomong gw MUNAFIK, drpd gw hrs balik lg n nerima sakit lg dr
Mr. J...

U tw sndri Mel, kl gw itu orngnya gak tegaan.. Kl gw ngelapor bonyok gw, gw takut perang antr keluarga... Gw gak mw gr" gw kel.dy makin susah... Aplg skrng kel.dy dlm keadaan susah...Udh gthu kel.dy msh sakit hati, gr" bkp gw ngomong gak sepandan ama pendidikkan gw... Pdhl mksd bkp gw, bae untuk gw n dy... Kl pendidikkan gw lbh tinggi dr dy, apa jdnya nanti pas berumah tangga, ntr lakinya mlh yg merasa terinjak" sm km.. kshn jga sm keluarganya kn...?? dy gk bs bw mtr, ntr kl gw hamil sp yg nganter u k rs?ms u yg ngeboncengin dy?? gw mlh d gtuin ama bkp gw... Tp pas gw pikir" emng ada bnrnya jga... Tp keluarga jrdn merasa d hina atw d injak"...

Gw pusing bgt mel...
gw cape stp mlm gw naiz trs mslh ini...
Skrng gw naiz krn dy blk lg k masa lalu yg ska mabok"an...
Mknya gw mnt tlng sama u melq,, krn saat ini yg gw bs lakukan cm menghindar dr dy...

Sambil berjalan hidup ini, gw akan mencoba perlahan" untuk maafin dy...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kamus Indonesia