Kalender Liturgi

Rabu, 28 Juli 2010

game ke 98 Kerja Sama

98. Kerjasama

Garis besar

Latihan ini menekankan mengapa orang harus bekerja sama.

Tujuan

1. Membuat pesrta melihat bahwa mereka dapat mencapai lebih banyak tujuan jika mereka bekerja sama daripada bersaing satu sama lain.

Waktu yang dibutuhkan

5 menit.

Jumlah peserta

Tidak dibatasi.

Materi yang dibutuhkan

Tidak ada

Prosedur

1. Mintalah anggota kelompok berdiri dan berpasang-pasangan.

2. Katakan kepada setiap pasangan untuk saling berhadapan dan memegang tangan kanan rekannya dengan tangan kananya sendiri. Sama seperti berjabat tangan.

3. Sekarang beritahukan mereka agar mengucapkan keinginan sebanyak yang mereka bisa selama 60 detik, sambil tetap memegang tangan rekannya.

4. Setelah 60 detik, katakan kepada mereka bahwa satu keinginan mereka akan terkabul setiap kali mereka berhasil memegang pinggul sebelah kanan mereka sendiri dengan menggunakan tangan kanan mereka (sambil tetap memegang tangan kanan rekannya). Sekarang mereka memiliki waktu 60 detik untuk berusaha mengabulkan keinginan sebanyak-banyaknya.

5. Setelah waktu habis, tanyakan berapa pasang pesera yang tidak satupun keinginannya terkabul. Kemudian tanyakan ada berapa pasang peserta yang 1-5 keinginannya terkabul. Akhirnya tanyakan ada berapa pasang peserta yang seluruh keinginannya terkabul, lebih dari cukup.

6. Kemudian Anda harus meminta satu pasangan dari setiap kategori untuk menunjukkan bagaimana mereka mencoba mengabulkan keinginan mereka. Mulai dengan yang nilainya 0 dan seterusnya hingga nilai tertinggi. Dengan menunjukkan cara ini, seluruh peserta akan dapat melihat bahwa pasangan yang bekerja sama memperoleh lebih banyak keinginan yang terkabul daripada mereka yang tidak bekerja sama

Poin diskusi

1. Mengapa ada beberapa pasangan yang tidak satu pun keinginannya terkabul?

2. Apakah kita semua pada dasarnya bersifat kompetitif? Mengapa?

3. Dapatkah kita mengubah kebiasaan ini?

4. Bagaimana kita dapat bekerja sama?

Variasi

1. Mintalah seluruh peserta menutup mata mereka atau menggunakan penutup mata.

_______________________________________________________________________

Catatan trainer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kamus Indonesia