Kalender Liturgi

Rabu, 28 Juli 2010

game ke 99 Pesawat Kertas

99. Pesawat Kertas

Garis besar

Melalui kegiatan ini peserta dapat membandingkan kompleksitas (kerumitan) organisasi dan tugas.

Tujuan

1. Membuat peserta melihat kemampuan organisasi dan produksi mereka dalam suatu latihan yang tidak menakutkan.

Waktu yang dibutuhkan

60-90 menit.

Jumlah peserta

12-32 peserta, dibagi menjadi 2-4 tim yang terdiri dari 5-7 peserta dengan paling sedikit 1 pengamat untuk setiap tim.

Materi yang dibutuhkan

Stopwatch dan kurang lebih 100 lembar kertas untuk setiap tim. Gunakan kertas A4 yang digunting menjadi dua bagian.

Prosedur

1. Katakan kepada para peserta bahwa mereka akan dibagi menjadi beberapa tim dan akan terlibat dalam latihan yang sifatnya kompetitif. Bentuklah tim yang terdiri dari 5-7 orang. Anda perlu paling sedikit 1 pengamat untuk setiap tim. Beritahukan mereka bahwa latihan ini akan melibatkan setiap tim dalam pembuatan sebuah prototype pesawat kertas untuk evaluasi melawan pesawat tim lain, pemilihan model yang paling sesuai untuk konstruksi, produksi massal model terpilih termasuk proyeksi anggaran dan perbandingan akhir antar tim untuk melihat tim mana yang menghasilkan keuntungan terbesar.

2. Berikan 10 lembar kertas untuk masing-masing tim. Mintalah mereka mengkonstruksi sebuah pesawat kertas yang akan diterbangkan melintasi ruangan dan harus terlihat menyenangkan dari segi keindahan. Setelah seluruh anggota tim setuju dengan model akhir, mereka harus membuat model identik secukupnya untuk dibagikan kepada setiap tim.

3. Setelah semua tim telah selesai membuat prototype mereka, masing-masing tim memperoleh 1 set prototype pesawat. Seluruh peserta kini memilih pesawat mana yang merupakan rancangan terbaik, berdasarkan kepraktisan pembuatan dan penampilan akhirnya.

4. Setelah satu rancangan akhir telah terpilih, kumpulkan kembali seluruh materi (kertas) tim. Sekarang mereka diberikan waktu 10 menit untuk memprediksikan berapa banyak pesawat kertas yang dapat mereka buat dalam waktu 10 menit dan berapa jumlah euntungan yang mereka hasilkan. Mereka akan dikenakan biaya untuk materi dan waktu yang digunakan. Pesawat tersebut harus memiliki kualitas yang sama dengan prototype-nya dan hasil akhirnya akan dinilai oleh customer. Pesawat tersebut harus lulus penilaian baru bisa dihitung. Biayanya tercantum di bawah ini.

5. Berikan waktu 10 menit kepada tim untuk membuat rencana. Selama waktu ini Anda mem-briefing para pengamat. Mereka harus mencatat apapun yang Anda minta (bisa interaksi, peranan, kegagalan tugas, dan konflik). Mereka juga sebagai pengamat waktu dan setelah tahap konstruksi mereka akan menjadi costumer. Sebagai costumer, mereka akan menentukan apakah suatu pesawat dapat diterima atau ditolak.

6. Berikan waktu 10 menit kepada tim untuk membuat pesawat kertas mereka. Kemudian customer masing-masing tim mengevaluasi pesawat tersebut. Pada akhir tahap ini setiap tim menghitung keuntungan atau kerugian mereka.

7. Seluruh hasil dibandingkan, dan tim pemenang diumumkan. Feedback diperoleh dari para anggota tim dan para pengamat di masing-masing tim.

8. Sekarang Anda dapat memimpin sebuah diskusi tentang topik tersebut.

Poin diskusi

1. Apakah hasil akhir berbeda dengan prediksi? Mengapa?

2. Apakah ada konflik di dalam tim?

3. Adakah orang tertentu yang mengambil atau menerima peranan dalam tim?

4. Apakah kualitas menjadi suatu pertimbangan?

5. Apakah setiap orang berpartisipasi dalam diskusi dan proses pengambilan keputusan?

Variasi

1. Satu set pensil warna dapat diberikan kepada masing-masing tim di awal latihan bersamaan dengan 10 lembar pertama kertas A4.

2. Langkah tambahan dapat dimasukkan. Tim diberikan lembaran kertas yang lebih besar dan gunting. Mereka kemudian diminta untuk menggunting kertas tersebut ke dalam bentuk dan ukuran tertentu sebagai bagian dari proses produksi.

Biaya

1 dollar untuk setiap lembar kertas

10 dollar untuk setiap menit yang terpakai selama konstruksi

Pemasukan potensial

5 dollar per pesawat (harus diluluskan oleh customer).

_______________________________________________________________________

Catatan trainer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kamus Indonesia