Kalender Liturgi

Jumat, 24 Oktober 2008

EPISTULA_OMK1

Doa Rosario OMK 19 Oktober 2008

“ … sekarang dan waktu kami mati. Amin” demikianlah kalimat akhir doa Salam Maria yang didaraskan beberapa Orang Muda Katolik (OMK) di GUA MARIA PAMENTAS, Kapel Seroja. Doa Rosario yang dihadiri dari beberapa OMK wilayah paroki kita, St. Klara. Bekasi Utara, menandakan adanya semangat untuk mendaraskan doa Salam Maria secara bersama-sama. Dimanakah OMK wilayah yang lainnya?? Menutup dirikah karena tidak mengetahui doa Rosario?? Atau OMK tidak mendengarkan pengumuman saat Misa dan tidak melihat Pamflet yang ada di MaDing Kapel?.

Syukur kepada Tuhan Yesus Kristus atas semangat kebersamaan untuk bersatu padu dalam doa, yang ditunjukan dari 25 OMK yang hadir. Doa Rosario dimulai pukul 16.15 WIB, saya sebagai koordinator kerohanian kepemudaan paroki Santa Klara memimpin doa sore itu. Beberapa OMK dengan spontan menyampaikan ujud-ujud pribadi, bahkan ada seorang perwakilan OMK yang sudah mempersiapkan doa dari teman-teman OMK wilayahnya, yang dituliskan pada selembar kertas. Alangkah baiknya jika setiap OMK hadir bersama-sama mendaraskan doa Rosario untuk paroki kita tercinta, apalagi di tempat tersebut. Sebab Tuhan akan mengabulkan doa kita, karena kita (OMK-red) berkumpul dalam Nama-Nya (bdk. Matius 18:20).

Minggu sore itu, sambil memegang untaian Rosario, yang berwarna kecoklatan, saya mengeluh pada hati yang lunak, “Tuhan, jika OMK saja tidak memiliki kesadaran untuk memulai kebersamaan dalam satu paroki. Bagaimana mungkin Gereja kami dapat dibangun? Mengapa masih ada ”kefanatikan” dengan wilayahnya sendiri? Sehingga tercipta paradigma umat paroki Santa Klara yang tidak ada kesatuan antar komunitas”.

Lanjut saya berbisik pada pikiran, “Masalah apakah yang OMK hadapi? Mengapa OMK tidak mengatakan permasalahannya?”. Padahal kami harus saling bertolong-bertolong menanggung beban (bdk. Galatia 5:2).

Kalau kita mengatakan GUA MARIA yang ada di Kapel Seroja sangat sederhana dibandingkan ditempat lain. Kapankah paroki kita menjadikannya besar dan megah? Seperti halnya LOUDRES, yang dahulunya hanyalah GUA MARIA yang kecil dan sederhana. Bunda Maria senantiasa menampakkan diri kepada para anak-anak yang beriman yang berdoa kepada-Nya. Kita percaya Maria adalah Bunda Allah (Konsili Efesus 431) dan Maria Ratu Rosario (Paus Gregorius XIII).

Tak terasa lima puluh lima untaian terpancar dari suara hati OMK kepada Pelataran-Nya. Kami yang hadir mengakhiri peristiwa Mulia dengan damai sukacita, pukul 16.50 WIB.

Oh ya…, hari Minggu, 26 Oktober 2008, Kepemudaan paroki ngadain lagi Doa Rosario OMK, pukul 16.00 WIB di GUA MARIA PAMENTAS SEROJA, Kapel Seroja. Datang ya kawan-kawan. Mari kita sehati sepikir di dalam Kasih dan Cinta Tuhan Yesus. Kami tunggu kehadiran OMK semua. IMANUEL.

1 komentar:

Kamus Indonesia